it's better to be a pirate than to join the navy. (Steven Paul Jobs)

Linux vs Ms. Windows


wah, sudah lama saya tidak ngeblog.. hhmm, kesempatan kali ini ane mau nyoba sharing aja sedikit tentang perbedaan yang mendasar antara linux dan windows. Posting ini ane buat karena beberapa hari yang lalu ane bertemu dgn bnyak orang yang menggunakan sistem operasi linux, yg rata-rata dari mereka adalah orang yg ‘migrasi’ dari Ms. Windows ke Linux.

Ane iseng-iseng nanya ke mereka, alasan apa yg buat mereka kok ‘migrasi’ dari windows ke linux yang notaben nya linux itu kan ga lebih familiar dibanding windows khusus nya bagi orang awam di bidang TI. Nah, sebagian besar dari mereka menjawab dengan jawaban yang hampir sama, cuma beda di kata-kata nya aja sih.. hehehe. Sebagian besar alasan mereka pindah adalah seperti ini :

1. Linux itu Open Source

2. Tahan Sama Virus

3. Gretong (Org indonesia emng dmen dah klo sama yg gretong2an.. hehehe)

4. Enteng (Kapas kali ya enteng? :D)

5. Tampilan nya cihuy..😀

Masuk akal sih alasan-alasan knp mereka migrasi ke linux. Tapi, yg membuat ane pengen posting ini tulisan karena pas ane tanya lebih spesifik kenapa mereka migrasi hampir dr mereka ga ada yg bisa kasih alasan yg meyakinkan, hahaha. Contoh, ane tanyain tuh lebih lanjut mengenai alasan mereka yang bilang klo linux itu Open Source, “Open Source itu apa sih sob?”. Kemudian mereka pun rata-rata menjawab “Open Source tuh gratis boi, ga perlu bayar n beli lisensi jadinya”. Nah loh, ane tanyain lagi tuh tentang alasan mereka yang kedua, “Oy kang, kok linux bisa tahan ama virus itu ngapa emng nya dah?”. Hayoo, pas dipertanyaan ini mereka ga banyak yang bisa jawab, kalo pun ada, jawaban nya simpel “Belom ada yg bikin virus utk linux coy!”. waduh, bisa gawat ini dunia persilatan, hahahaha.

Nah, karena mendengar jawaban seperti itu makanya ane disini mau sharing perbedaan yang mendasar antara si pinguin dan si jendela. Mungkin buat mastah – mastah yg udah ngelotok linux nya mah itu hal sepele, tp buat sobat2 diluar sana yg baru kenal linux atau belum tau, kan jadi tau perbedaanya dan suatu saat ditanyakan dgn orang jd bisa menjawab dgn alasan yg ‘Logis’. hehehe.. Oke langsung aja, ini sih semua menurut pengetahuan ane yah.. klo ada salah2 atau kurang boleh dikoreksi sama mastah2..🙂

 

1. Linux Open Source

Arti Open Source disini bukan berarti ‘gratis’ karena ga semua software Open Source itu gratis sob, contohnya saja Linux RedHat. Dulu Linux Redhat memang gratis namun utk Redhat Enterprise kita tetap harus membeli lisensi meskipun Redhat Enterprise tetap bersifat Open Source. Berbeda dgn windows yang semua nya menggunakan lisensi yang berbayar.

2.  Linux Tahan Terhadap Virus

Ya, memang hingga saat ini ketangguhan linux terhadap virus masih bisa di andalkan. Tapi tahukan kita apa yg membuat linux tahan terhadap virus? alasan nya cukup simpel, menurut info yang ane tau alasan kenapa linux tahan terhadap virus itu karena :

  • Pemegang Hak Akses tertinggi di linux hanya ‘root’. Pada windows kita dapat membuat user apapun dengan memiliki hak akses terhadapa sistem yang sama tingkat nya dengan seorang Administrator. Sedangkan di Linux hanya ‘root’ yang bisa mengubah atau memiliki hak tertinggi terhadap sistem.
  • Tidak Ada nya Registry di Linux. Mayoritas virus bekerja utk mengubah, menghapus atau menambahkan value2 registry pada windows. Karenanya virus tidak dapat bekerja dgn baik di linux.
  • Ekstensi yang berbeda dgn windows. Pada banyak kasus, virus yang beredar merupakan file yang berekstensi .exe .bat dll. Nah ekstensi tersebut hanya dapat di jalankan pada sistem yang berbasis microsoft windows. linux tidak dapat menjalankan ekstensi tersebut. So, bagaimana bisa menginfeksi terhadap sistem jika file tersebut saja tidak dapat di jalankan pada sistem operasi linux?

3. Linux praktis membutuhkan resource yang lebih kecil dibanding windows. Faktanya, ane punya PC yang hanya berprosesor 800MHz, Ram 128, Harddisk 20Gb masih dapat menjalankan sistem operasi jaringan sekelas RedHat, jika PC dgn spesifikasi tersebut digunakan utk windows XP mungkin masih sangat kurang atau bahkan tidak bisa.

4. Di Linux kita tidak perlu melakukan ‘Defragment’. Defragment merupakan hal yang sangat perlu dilakukan, karena pada proses ini adalah melakukan penataan ulang file2 baik itu dokumen pada harddisk atau file2 pada sistem untuk ditempatkan kembali pada tempat asalnya. Analogi nya begini, anggap PC/Harddisk kita adalah sebuah Rak Buku dan buku2 nya adalah file2 dokumen atau file sistem pada PC/Harddisk kita. setiap kali file/buku tersebut digunakan utk diproses, setelah selesai sedikit kemungkinan file tersebut dikembalikan pada tempat asli nya, hal ini lah yang membuat sistem operasi kadang terasa berat atau lama ketika kita ingin membuka kembalik file tersebut karena file tersebut tidak ada ditempat asli nya lagi. Karena itu diperlukan proses Defragment. Nah, pada linux kita tdk perlu cape2 melakukan Defragment, karena setiap kali kita menyalakan mesin (linux) kita, proses Defragment akan secara otomatis dijalankan saat melakukan booting. sedangkan di windows, jika dalam 6bulan saja kita tdk melakukan defragment mungkin akan terasa lebih berat/lemot apalagi jika data yang tersimpan sangat banyak.

yap, itu adalah beberapa pengetahuan yang saya tahu tentang perbedaan antara linux dan windows. semoga bisa menambah pengetahuan para blogger.🙂

CMIIW

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: