it's better to be a pirate than to join the navy. (Steven Paul Jobs)

Archive for November 6, 2011

Linux vs Ms. Windows

wah, sudah lama saya tidak ngeblog.. hhmm, kesempatan kali ini ane mau nyoba sharing aja sedikit tentang perbedaan yang mendasar antara linux dan windows. Posting ini ane buat karena beberapa hari yang lalu ane bertemu dgn bnyak orang yang menggunakan sistem operasi linux, yg rata-rata dari mereka adalah orang yg ‘migrasi’ dari Ms. Windows ke Linux.

Ane iseng-iseng nanya ke mereka, alasan apa yg buat mereka kok ‘migrasi’ dari windows ke linux yang notaben nya linux itu kan ga lebih familiar dibanding windows khusus nya bagi orang awam di bidang TI. Nah, sebagian besar dari mereka menjawab dengan jawaban yang hampir sama, cuma beda di kata-kata nya aja sih.. hehehe. Sebagian besar alasan mereka pindah adalah seperti ini :

1. Linux itu Open Source

2. Tahan Sama Virus

3. Gretong (Org indonesia emng dmen dah klo sama yg gretong2an.. hehehe)

4. Enteng (Kapas kali ya enteng? :D)

5. Tampilan nya cihuy.. 😀

Masuk akal sih alasan-alasan knp mereka migrasi ke linux. Tapi, yg membuat ane pengen posting ini tulisan karena pas ane tanya lebih spesifik kenapa mereka migrasi hampir dr mereka ga ada yg bisa kasih alasan yg meyakinkan, hahaha. Contoh, ane tanyain tuh lebih lanjut mengenai alasan mereka yang bilang klo linux itu Open Source, “Open Source itu apa sih sob?”. Kemudian mereka pun rata-rata menjawab “Open Source tuh gratis boi, ga perlu bayar n beli lisensi jadinya”. Nah loh, ane tanyain lagi tuh tentang alasan mereka yang kedua, “Oy kang, kok linux bisa tahan ama virus itu ngapa emng nya dah?”. Hayoo, pas dipertanyaan ini mereka ga banyak yang bisa jawab, kalo pun ada, jawaban nya simpel “Belom ada yg bikin virus utk linux coy!”. waduh, bisa gawat ini dunia persilatan, hahahaha. (more…)