it's better to be a pirate than to join the navy. (Steven Paul Jobs)


Suatu waktu aku diberikan sebuah novel oleh seseorang, The Historian – Elizabeth Kostova. Namun, ia tidak sekedar memberikan novel itu, ia ingin aku membacanya sampai selesai dan kemudian menceritakan isi dari novel tersebut kepadanya suatu saat nanti. Entah apa yang ia fikirkan, aku tidak mengerti mengapa ia melakukan itu. Ia menjadikan buku ini sesuatu yang spesial bagiku. “A Gift From Her”, kalimat itu yang kugunakan untuk menamakan novel pemberian nya.

Beberapa halaman ku baca, novel ini bukan novel yang biasa. Kata – kata nya pun sangat ‘berat’ untuk dimengerti. Hingga akhirnya, aku berhenti membaca nya sejenak dan aku mencoba mencari dari beberapa sumber tentang “A Gift From Her” ini. Dibawah ini adalah satu dari beberapa resensi yang aku dapat, setelah membaca resensi ini aku melanjutkan membaca novel itu dan mulai bisa mengerti setiap kata – kata yang tertulis.

Novel ini adalah novel pertama dari Elizabeth Kostova. Ayahnya adalah seorang professor, membawa keluarganya ke Eropa Timur dalam tugasnya. Di sana dia diperkenalkan kembali dengan budaya leluhurnya, termasuk cerita tentang tokoh yang bernama Vlad Dracula, yang menginspirasinya menulis novel ini.

Konsep cerita The Historian bagus dan sangat memikat, kalau dibaca sepintas saja maka kita akan melewatkan detailnya. Yg jelas Kostova sangat hebat dalam memvisualisasikan imaginasi dan rekaman yg ada di pikirannya.

Alur cerita The Historian maju mundur, cerita dalam cerita, yg jelas konsep berpikirnya luar biasa kompleks untuk tema yang sederhana, susah payah Kostova bisa memelihara inti cerita dengan bahasa yang tidak melelahkan.

Yang memikat dari novel ini adalah Kostova memaparkan Vlad. Dracula dari sejarah, daripada mitos cerita seram-seram dari Dracula. Membaca buku ini, kita dibawa ke sejarah negeri Balkan tempo dulu, terutama sejarah Balkan pada Abad ke-15 dan ke-16, di mana Balkan mengalami pergolakan besar karena serbuan tentara Ottoman Turki. Jika novel-novel Dracula lainnya lebih menitikberatkan Dracula sebagai legenda, The Historian sebaliknya menitikberatkan Dracula sebagai pelaku sejarah. Kostova mengeksplorasi pikiran dan apa yang dirasakan oleh rakyat negara-negara sekitar Balkan, terutama Hungaria, Romania, dan Bulgaria, dalam terutama wilayah Transylvania dan Wallachia, terutama sewaktu pendudukan Ottoman.

Dia menggambarkan Vlad Dracula sebagai seorang kontradiktif. Di satu pihak, Dracula adalah pelindung rakyatnya, dan pemimpin perjuangan resistansi terhadap tekanan penjajahan Ottoman Turki, di lain pihak, dia juga merupakan mimpi buruk bagi rakyatnya sendiri dengan kekejamannya yang sukar ditandingi.

Narator cerita ini adalah seorang anak gadis remaja yang mengikuti ayahnya bertugas di Eropa dalam tugas diplomatik. Mereka hidup berdua dengan seorang pengurus rumah, karena mama sang gadis menghilang sejak dia kanak-kanak. Pada suatu hari, sang gadis menemukan suatu rahasia, rahasia yang gelap tentang masa lalu orang tuanya. Ayah sang gadis, Paul, sebelum bekerja sebagai diplomat, adalah seorang Sejarawan. Ada suatu peristiwa tragis yang menyebabkannya berhenti untuk berkarir dalam bidang akademis di universitas, dan bekerja sebagai diplomat yang mengembara di Eropa.

Pembaca akan dibawa menyelusuri biara-biara kuno, komunikasi dan jalur ziarah masa lalu, makanan-makanan lezat setempat, adat-adat lokal, lagu-lagu rakyat, dan cara kerja pemerintahan rejim komunis Eropa Timur waktu Perang Dingin.

Sedikit kekurangan dalam novel ini adalah klimaks yang terlalu cepat selesai, padahal dari awal Kostova sudah berusaha membangun alur lambat yang membuat penasaran. Tapi bagaimanapun, The Historian adalah suatu novel yang sangat berharga untuk dimiliki. (red : bukukita)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: