it's better to be a pirate than to join the navy. (Steven Paul Jobs)


wah, sudah cukup lama jg ga posting & blogging. Kali ini gw coba mo sharing lagi, mungkin bisa ngebantu temen-temen. Nah, pasti banyak temen-temen yang masih menggunakan windowsXP, beberapa hari yang lalu gw mengalami masalah pada windowsXP di laptop temen gw, yaitu “MSVCRT.dll”. Sebenernya ga terlalu bermasalah banget sih, OS dan aplikasi masih bisa berjalan dgn biasanya. cuma emng risih banget soalnya setiap “running” aplikasi – aplikasi tertentu, keluar message warning dari windowsXP :

nahh, kayak gitu tuh warning nya. Temen- temen ada yg pernah?

Permasalahan nya ada pada file MSVCRT.dll (C:\Windows\System32). Masalah sperti ini banyak penyebabnya, tapi pd umumnya dikarenakan “3rd Application” yg kita install mengganti file MSVCRT.dll original dengan yang non-Microsoft Original. Mau tau cara memperbaikinya..? beginii…

1. Masukan CD WindowsXP (yg Original /Asli tentunya ) ke CD/DVD ROM.

2. Restart Komputer/Laptop. Boot menggunakan CD WindowsXP yg ada pada DVD ROM.

3. Masuk Pada Konsol Repair ( Tekan tombol “r/R”).

4. Pilih Windows yg ingin anda login (Default : 1). Kemudian masukan password Administrator.

5. Lakukan langkah berikut pada recovery console :

cd system32

ren msvcrt.dll msvcrt.bak atau ren msvcrt.dll msvcrt.old

F: (pindah ke direktori DVD ROM, F: adalah parameter DVD ROM pd komputer gw).

cd \i386

expand msvcrt.dl_ C:\Windows\System32

exit

Jika Message Warning masih keluar saat menjalankan aplikasi tertentu setelah melakukan langkah – langkah diatas, tidak usah bingung. karena seperti yg saya bilang tadi, banyak penyebabnya. nahh, penyebab yg lain nya adalah adanya file dwmapi.dll pada direktori (C:\Windows\System32). File tersebut merupakan file pada OS Vista / Seven. So, TIdak seharusnya file tersebut ada di windowsXP. File itu ada karena 3rd Application yg anda install, lebih sering karena mungkin menginstall DirectX 10 atau .NETFramework 3.5. Cara memperbaikinya sangat mudah, anda hanya perlu menghapus file tersebut ( dwmapi.dll pada direktori C:\Windows\System32 ).

OKe..!! Masalah Selesai.

Semoga Bisa Membantu temen-temen.πŸ™‚

Comments on: "Error MSVCRT.DLL pada WindowsXP" (28)

  1. Iyah Ribet Tuh mvcrt.dll bla-bla ba…makasih Om Infonya..

  2. Tengkyu ferimac,tinggal dihaspus dwmapi.dll errornya dah ilang skrg

    • jika kita menghapus dwmapi.dll , apakah tidak ada efek samping pada beberapa program atau kinerja operating system itu sendiri??

      • menurut saya tidak ada efek nya om, krn file tersebut sendiri bukan lah file yg seharusnya ada di sistem. so far komputer saya jg tdk ad masalah apa2 stelah saya hapus dan semua software berjalan dgn baik..

  3. gan, ane di system32 kok nggak ada dwmapi.dll ya??πŸ˜₯
    terus ane masih ada msvcrt.dll…
    tolong di bantu gan please. . .:-)

  4. gan, di file system32 kok nggak ada dwmapi.dll ya ?? T__T
    ne ane ribet sama msvcrt.dll T_T
    tolong gan bantu ane. . please

    • sebelum dwmapi.dll, agan coba copy ulang dlu file msvcrt.dll nya dari cd os..
      klo stlah di copy/replace msh kluar warning jg.. baru agan hapus file dwmapi.dll nya.. klo dwmapi.dll nya ga ada. hmm, coba di cek lagi. heheπŸ˜€

  5. thx gan, ngebantu bgt gara2 instal directx10 nih di xp

  6. haha,uda ga da error spt agy d OS sya,thx,tlog d update yah mas,

  7. sip mas ternyata pc gue ada dwmapi.dll…, udah gue hps, makasih bngt………

  8. Mas kalo msvcrt.dll bisa ngaruh ke sistem penginstalan ga ?
    Soallnya setiap kali saya install pes2011 si data nya ga pernah mau masuk ..jadi kosong aja ..
    Di tunggu infonya mas trimsπŸ™‚

  9. Terima Kasih..Terima Kasih..Terima Kasih..
    Terimaaaaaaaaaaaaaaaaa Kaaaaaaaaaaaaaasiiiiiiiiiiiiihhh..
    yaaa Gan..
    selesai juga masalah kompi ane..hehe
    cihuuuuuuy dah..

  10. luar biasa, ente pinter banget gan, terbukti bener nih, thanks ya ganπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  11. Thanks boss, ternyata dengan menghapus dwmapi.dll masalah YM 11 dinetbook sy tuntas…tas…tassss…..

  12. thanks masbroo..
    infonya ngebantu banget…

  13. thanks atas infonya….

  14. hahahahaaa… TENGKIU BANGET BANGET BANGET!….CUMA HAPUS “dwmapi.dll” aja yaaaaaaaaaaa?
    pusing aku dibuatnya……
    SEKALI LAGI MAKASIH….

  15. kesalahan ini berawal saya mencoba install Directx 10 di XP, Lalu saya hapus file directx dari regedit, terus saya cek dxdiag “Directcx Version : Not Found”
    Lalu saya install directx 9.0c tetapi setelah proses menginstall terjadi kesalahan dan muncul tulisan seperti ini “An internal system error occured. Please refer to DXError.log and DirectX.log in your Windows folder to determine problem.”

    Definisinya : Gak Bisa Menginstall Directx 9

    Ditunggu infonya mas..

  16. Thanks bang,,
    jd kgk error lg nih..
    gara” cmngw hapus doank file dwmapi.dll

  17. gan sumpah bingung bgt gue waktu masuk di recovery console.. kira-kira ada videonya gak gan pleas butuh bgt nih makasi

  18. ada cara laen gax gan???
    selain yang di atas….

  19. Slamet W. said:

    Keren Bro postingan nya

    dan tidak lupa saya ucapkan banyak2 terimakasih πŸ™‚ (y)

  20. Mantaps,Bisa om dan file dwimapi.dll telah ditemukan & telah dihapus.
    makasih omπŸ˜€

Leave a Reply

