it's better to be a pirate than to join the navy. (Steven Paul Jobs)


Masalah pernginstallan Windows XP pada laptop merk Compaq Presario C500, Presario C510, dan Compaq Presario CQ40-108TU dengan Processor Intel Dual Core, Compaq Presario CQ40-416AU dengan Processor AMD Turion juga Compaq Presario V3000.

Pada laptop seri tersebut diatas OS bawaan dari pabrikan adalah menggunakan Microsoft Windows Vista. Ketika kita ingin mengganti OS dari Windows Vista ke WindowsXP, pada tahap penginstallan akan muncul tulisan “Windows didn’t find any harddisk installed” itu berarti WindowsXP tidak dapat menemukan harddisk yang ada pada laptop. Namun jika dilihat informasi di bios, harddisk anda tetap ada / terdetect. Itu karena memang WindowsXP belum bisa mendeteksi harddisk type SATA pada Laptop tersebut. Tetapi masalah tersebut tidak akan anda temui jika anda menginstall Sistem operasi Windows Vista pada laptop anda, karena Windows Vista sudah dapat mengenal harddisk type SATA.

Cara untuk mengatasi masalah tersebut agar bisa menginstall WindowsXP adalah sebagai berikut :

  • Untuk Compaq Presario C500 & Presario C510 ( berlaku juga untuk Presario C-Series lainya ).
    • Masuk pada setting bios
    • Kemudian cari konfigurasi SATA NATIVE, ubah konfigurasi SATA NATIVE nya menjadi “DISABLED”.
    • Coba install kembali laptop anda menggunakan WindowsXP
  • Untuk Compaq Presario seri terbaru yakni Compaq Presario CQ40-108TU, Compaq Presario CQ40-416AU dan Compaq Presario V3000 ( berlaku juga untuk seri sejenisnya ).

Pada seri tersebut diatas anda mungkin tidak menemukan konfigurasi SATA NATIVE di bios nya, sehingga anda mungkin agak sedikit repot karena harus membuat CD WindowsXP sendiri yang sudah ter-integrasi driver SATA AHCI didalamnya.

Caranya sebagai berikut :

    • Download terlebih dulu driver SATA AHCI melalui situs resmi HP-Compaq
    • Setelah itu buat sendiri CD WindowsXP menggunakan software nLite ( disarankan menggunakan WindowsXP Original ).
    • Integrasikan driver yang sudah anda download tadi ke WindowsXP.
    • Kemudian install laptop anda menggunakan CD WindowsXP yang sudah anda integrasikan Driver SATA dan install driver SATA AHCI terlebih dulu sebelum masuk ke tahap penginstallan WindowsXP.

SATA Native dapat meningkatkan kinerja dan kecepatan transfer harddisk jika kofigurasi nya di “ENABLED”, namun hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows Vista karena pada WindowsXP belum bisa mendetect harddisk dengan type SATA. Namun jika ingin menggunakan fitur SATA NATIVE pada sistem operasi WindowsXP, anda cukup meng-update driver SATA AHCI yang dapat di download langsung pada situs resmi HP-Comaq, disana anda tinggal memasukkan type Laptop anda dan download driver SATA AHCI nya. Setelah selesai meng-update driver SATA, kembali anda ubah konfigurasi SATA NATIVE pada bios menjadi “ENABLED”.

**Untuk yg belum tahu cara meng-integrasi driver SATA ke CD WindowsXP menggunakan nLite, sabar yaa tutorial nanti dibuatin. ^.^

Semoga Bermanfaat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: