it's better to be a pirate than to join the navy. (Steven Paul Jobs)

Umur USB Flashdisk


SEBERAPA LAMA USB FLASHDISK BISA DIPAKAI … ?

usb-flash-disk-mb

Pada Flashdisk, umur dibatasi oleh dua buah parameter  yang disebut “Write Cycle” dan “Mating Durability”.

Write Cycle :

Adalah kemampuan media storage untuk ditulis atau dihapus. Sekali penulisan dan penghapusan akan menghasilkan 2 kali write cycle. Karena pada media penyimpanan, penghapusan biasanya adalah penulisan dengan bit “0”. Pada umumnya, Flash Disk menggunakan memory yang dinamakan dengan SLC (Single Level Cell) atau MLC (Multi Level Cell). SLC atau MLC ini mempunyai write cycle sekitar 100.000 dan 10.000. Artinya setelah write cycle tersebut, maka Flash Disk sudah tidak dijamin akan bisa digunakan kembali. Hal ini sering kali menyebabkan Flash Disk terdeteksi Windows tetapi tidak bisa digunakan. Baik SLC maupun MLC dibuat dari sebuah teknologi IC flash yang disebut NAND Flash. NAND Flash adalah teknologi IC flash yang disusun dari cell-cell flash bertopologi gerbang NAND. Tiap-tiap cell terbentuk dari sebuah transistor Floating-Gate MOSFET. Pada waktu bit “0” disimpan, elektron akan terjebak dalam Floating Gate. Dan pada waktu bit “1” disimpan, elektron akan dilepaskan dari Floating Gate.

Akan tetapi selama pemakaian, tidak semua elektron dapat dilepaskan dari Floating Gate melalui Drain. Sehingga ada beberapa elektron masih “terjebak” di dalam Floating Gate. Hal ini bersifat kualitatif artinya akan menumpuk seiring penulisan dan penghapusan pada Flash Disk. Sehingga pada batas tertentu, transistor Floating-Gate MOSFET tidak dapat lagi melepaskan elektronnya dari Floating-Gate- nya. Sehingga kehilangan kemampuan menyimpan data. Dengan kata lain “Write Cycle”-nya telah terlampaui.

Mating Durability :

Mating durability adalah banyaknya konektor USB bisa dilepas pasang. Dalam halaman tersebut disebutkan bahwa mating durability sekitar 1500 kali. Andai kata anda melepas pasang USB Flash Disk 2 kali setiap harinya. Berarti Flash Disk tersebut bisa bertahan sekitar 750 hari.

Berbeda dengan harddisk, pada harddisk yang kita kenal, tidak ada batasan write cycle nya. Kita dapat menulis dan menghapus pada harddisk seberapapun yang kita mau. Namun hal yang membatasi pada harddisk adalah “Hours” atau berapa jam harddisk tersebut bekerja.

Comments on: "Umur USB Flashdisk" (3)

  1. Fauzi Oji Oz said:

    good article.

  2. cara megetahui flashdisk yang pakai chip SLC & MLC gimana mas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: