it's better to be a pirate than to join the navy. (Steven Paul Jobs)


Beberapa hari yang lalu teman saya minta tolong kepada saya utk men-setting printer pada laptop nya. Teman saya tersebut bilang dia tidak bisa nge-print dan bahkan utk menambahkan printer ke settingan laptop nya juga tidak bisa. Pada saat mengeprint muncul warning “printer tidak ditemukan”, dan pada saat teman saya mau mensetting dan menginstall driver printer, kembali muncul warning “ERROR, RPC is Unavailable” dan juga warning yang bertuliskan “Printer Spooler is not running”.

Masalah ini dikarenakan Service Print Spooler dan RPC (Remote Procedure Call) tidak aktif (running). Jika RPC yang tidak aktif, biasanya juga akan mengakibatkan komputer/laptop tidak bisa sharing dan nge-browse network meskipun setting IP dan Workgroup sudah OK/sama kemudian di PING juga sudah ada Reply, dan Internet pun tidak bermasalah.

Untuk memperbaikinya kita hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah, yaitu : men-setting kembali service – service tersebut.

Klik kanan pada My Computer > Manage > Service And Application > Service.

Kemudian cari service – service tersebut ( Print Spooler dan RPC ) dan lakukan setting seperti berikut ini :

- Klik kanan pada Service tersebut > Start

- Klik kanan pada Service tersebut > Properties >Pada Startup Type ganti setting nya menjadi Automatic.

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat..! ^^

Comments on: "Tidak Bisa Nge-Print dan Sharing Pada WindowsXP" (18)

  1. berhasil brooo….
    thanx berat…

  2. Terima kasih pa’e atas informasi dan pencerahannya, mampu menyelesaikan masalahku. Semoga pa’e sehat-sehat selalu. Sekali lagi matur nuwun.

  3. knapa kok aq ngeprint di laptop guk basa????????????????????

  4. mas..saya udh ikutin cara d atas waktu saya klik star trus gak tuntas trus…ad tulisan windows can’t…sbb…

  5. laptop sy jg ga bs ngeprint,.wkt nyoba pke latop tmn bisa,.pdhl dulu t bisa…wakti print spooler nya d klik kanan “star” ny ga aktif,..ga bs d klik,.it gmna y??mhn bantuannya..mksh sebelumnya…

    • coba print spooler nya di klik kanan-properties, trus pilih stop kemudian startup type nya ‘Automatic’ lalu klik ‘Start’, setelah itu restart PC/Laptop nya.. semoga bisa membantu.. :)

      • pertanyaan saya sama sama sist widya,
        sudah saya lakukan no 1.2.3.dan print spoiler sudah saya restrat + restart pc,..
        tapi msih ttep blom bisa mas,..
        **saya coba test print di networking printernya bisa mas,..
        cuman kalo buat ngeprind dokumen/ yg lain gk bs yaa,..:(
        Mohon pencerahan,..
        (saya tgu di email ya mas infonya)
        thx,.sebelumnya
        (benny.dnp@gmail.com)

  6. Anto Fandestra said:

    Gan, kompi saya juga permasalahan sama, cuman bingungnya waktu saya cari service service tersebut di lokasi sesuai petunjuk agan itu tidak tulisan/service RPC dan Printer Spooler.. Tek cari sampai ke kolong meja kolong tempat tidur juga gak ada.. Gimana gaan.. Terima kasih bantuannya..

    • waduh, klo menurut ane sepertinya service tersebut harusnya ada dan pasti ada. klo di ‘services.msc’ tidak ada service tersebut bisa jadi os agan perlu di repair. atau untuk langkah awal nya bisa coba agan masuk ke safemode, kemudian liat lg di ‘services.msc’ ada atau tidak? klo tidak ada juga ya saran ane di repair aja os nya.
      CMIIW. Trims.

  7. Anto Fandestra said:

    Disini ada pendapat teman tentang moderasi koment::
    http://masdinsite.info/2010/04/moderasi-komentar-atau-tidak-yah/

  8. mas klu kasus ane mirip,, yang gk bisa itu nge share file sama printer yg ada di kompi ane ke laptop yang laennya.. tuh gimana ya mas,,
    dah ane coba network setup wizard tpi begitu setting nama workgroup lalu next, langsung not responding.. apa kena virus ya mas..
    need help mas ^^
    sebelumnya pernah bisa, berhubung utak atik kompi mulu jdi kayak gitu sekarang..
    ^^

  9. mantaapppppp mass broooo.
    maturrrr tingkiuuuu. jempolll dhhh.

  10. Msh aj g bsa’ lgkah’y udah sma seprty di ats…

  11. Rizal novri said:

    Wah… Maksih mas atas info nya, jadi bisa ngeprint lagi deh,sangat membantu…, thks vry much:-)

  12. OK TRIM’S BROO, Laptop anne jadi bisa ngeprint. tq, tq, tq

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

